August 1, 2007

Milih MoTor


cuma sekedar info+saran
wah kalo milih motor jangan asal teknologi bagus/terbaru.

motor china, korea ataupun sejenisnya kadang teknologinya lebih maju akan tetapi yg juga harus diperhatikan kualitasnya, misalnya saja mungkin mochin jg sudah ngeluarin teknologi seperti kharisma-honda (sistem karburasi dengan pengabutan agar lebih efisien bahan bakar karena campuran bensin dan udara lebih sempurna) akan tetapi kalo aku mungkin lebih milih supra yg buatan honda meski teknologinya sdh dibilang agak kuno bahkan bisa dibilang masih pilih prima ato grand meski teknologi ketinggalan.

Alasannya adalah bahan yang dipakai dalam pembuatan mesin lebih bagus. hal ini berhubungan dengan campuran logam yang dihasilkan.
campuran logam yang di ciptakan produk jepang/eropa lebih sempurna dari korea/china karena produk korea/china cenderung utk menekan harga.
Secara logika logam bagus tingkat ke-aus-annya lebih rendah sehingga lebih awet.



Dilapangan yang aku perhatikan selama ini produk korea/china rata2 bertahan sekitar 2 atau 3 tahun bahkan ada yg cuma 6 bulan mesin rontok, setelah itu banyak masuk bengkel krn ganti onderdil yang aus.hal ini bisa nelan biaya total ampe 2 jt.hitung aja sendiri, piston sekitar 50rb, ring piston 90rb, belum lg tabung piston, trus rante kamprat dll. itupun blm biaya turun mesin + waktu yg terbuang aklo motor sedang masuk bengkel. selesai??

BELUM SOBAT.
biasanya yg namanya aus biasanya merembet kedalam gigi2 dalam mesin.
selesai??

BELUM SOBAT
harga jual kembali motor bisa jatuh ampe 50%, kalo bisa laku pun sdh Alhamdulillah.

Nah loo.. pilih mana.
Saran : kalo aku mending kalo uang gak cukup mending beli motor jepang kredit aja ato beli bekas asal msh terawat drpd sengsara belakangan. Semua keputusan kembali kepada yg punya uang ini cm sekedar saran.

WAH KOK KAYAKNYA MENGGURUI YA? YA MAAP.


Diposting oleh tuwuh di milis Sipil '98 UNS pada 29 juli 2007 @ 00:55

2 Comments:

Anonymous said...

Nek motor-e njur digawe ceper ngono harga jual-e piye wuh

po ra eman-eman tuku motor larang-larang njur digawe "cium bumi"

hehehehehehe

31 Juli 2007 @ 7:54

Anonymous said...

Aku se7 kalo motor sekarang teknologi mesin emang lebih canggih, tapi
materialnya lebih jelek. Jadi ya gampang keropos....

31 Juli 2007 9:40